0 0
Read Time:1 Minute, 57 Second

LIVE Lifestyle: Ratusan jemaah haji Indonesia 2024 telah terbang ke Tanah Suci untuk melakukan persiapan jemaah haji 2024. 

Mengingat saat ini cuaca di Mekkah dan Madinah mencapai 39 derajat. Suhu tinggi tersebut diketahui mempengaruhi kondisi fisik jamaah haji. Mulai dari dehidrasi atau kekurangan cairan, serangan panas, hingga kelelahan. Bergerak lebih banyak, oke?

Oleh karena itu, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan jemaah haji Indonesia agar tetap bugar dan sehat selama puncak ibadah haji Juni 2024.

Melansir laman Sehatnegeriku Kementerian Kesehatan, jemaah haji diimbau mewaspadai cuaca panas di Tanah Suci yang berpotensi tinggi membuat jemaah dehidrasi. Tak hanya dehidrasi, panas pun bisa memengaruhi psikologi masyarakat. Oleh karena itu, jamaah haji disarankan untuk minum dan tidak menunggu sampai haus.

Kedua, jika keluar akomodasi disarankan membawa air. Jemaah haji disarankan mengonsumsi satu oralit per hari untuk menjaga elektrolit dalam tubuh.

Ketiga, jamaah haji juga tidak boleh lupa makan tepat waktu. Mengingat acara ibadah jamaah haji sangat padat, maka jamaah haji disarankan untuk membawa makanan saat meninggalkan akomodasinya. Artinya, jika Anda sedang bepergian dan sudah lewat waktu makan, Anda boleh memakan makanan yang Anda bawa.

Keempat, jamaah haji yang memiliki riwayat penyakit tertentu agar rutin meminum obat. Jemaah haji juga diimbau segera memeriksakan diri jika sakit, jangan menunggu kondisinya semakin parah. Jangan menunggu kunjungan dokter, namun jemaah haji diimbau proaktif berkonsultasi dengan kelompok petugas kesehatan sebagai bentuk deteksi dini.

Kelima, saat beraktivitas di luar ruangan, jamaah haji juga harus menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti topi, kacamata hitam, masker, payung, dan sepatu.

Jamaah haji juga dihimbau untuk melakukan latihan fisik ringan yang dapat dilakukan kapan saja untuk menjaga otot dan saraf tubuh jamaah tetap aktif. Gerakan-gerakan tersebut seperti gerakan jari dan telapak tangan, tepuk tangan, menjentikan jari, dan mengepakkan lengan. Jamaah haji juga diajak berdoa saat latihan fisik.

Gerakan ini bermanfaat merangsang saraf tangan sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan jamaah haji.

Jemaah juga harus bisa mengontrol aktivitasnya dan tidak memaksakan diri. Masa tinggal seorang jemaah haji di Arab Saudi selama kurang lebih 40 hari tentunya harus diatur dengan baik. Jemaah hendaknya mengatur waktu istirahat yang cukup agar memiliki stamina prima pada puncak ibadah haji.

  Tips memilih pekerjaan sampingan terbaik, dapat uang tambahan tanpa beban Menurut survei Bankrate, Gen Z merupakan generasi yang paling banyak memiliki pekerjaan paruh waktu. Forbes menawarkan tip untuk membantu Anda memilih sisi yang tepat. Simak dianrakyat.co.id.co.id pada 10 Agustus 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D