0 0
Read Time:54 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA – Video Tiktok dari akun @nurullftra viral di media sosial memperlihatkan seorang anak penderita sakit punggung diberi makan campuran air, gula, dan madu oleh neneknya karena tidak ada ASI. Saya baru saja masuk. Dokter anak Harun Albar pun memberikan teguran serius soal pemberian minuman tersebut pada bayi yang dirawat selama 16 hari di Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Dr. Harun mengungkapkan, memberikan makanan atau minuman selain ASI pada anak di bawah enam bulan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Pemberian ASI eksklusif (ASI) sangat penting untuk kesehatan pencernaan bayi, sedangkan makanan/minuman lain dapat mempengaruhi pencernaannya.

“Pertama, bayinya harus diberi ASI khusus, karena kalau tidak ASI khusus akan menjadi masalah pola makannya,” kata dokter spesialis anak dari RSIA Brawijaya Antasari, Jakarta di media sosial X (sebelumnya Twitter. ), Sabtu (20/4/2024).

Selain itu, Dr. Harun menjelaskan, pemberian air putih yang berlebihan pada bayi dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti gas atau kembung yang dapat menghambat penyerapan nutrisi dari ASI. Dokter yang berpraktik di RSIA Kemang Medical Care, Jakarta, juga menyoroti bahaya pemberian madu pada anak di bawah satu tahun.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D