0 0
Read Time:1 Minute, 35 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Vidio membeberkan beberapa strategi penting yang dilakukan perusahaan untuk terus bertahan sebagai platform lokal atau OTT yang mampu bersaing dengan pemain global di Indonesia. Padahal, menurut laporan MPA (Media Partner Asia), Vidio telah meraih banyak prestasi luar biasa.

Salah satunya, dari laporan MPA kuartal IV tahun 2023, Vidio menjadi platform OTT nomor satu di Indonesia berdasarkan jumlah pelanggan. Platform Vidio berhasil mengalahkan pemain lain seperti Viu, Disney Plus dan Netflix.

Tak hanya itu, Vidio juga menempati peringkat pertama berdasarkan jumlah pengguna aktif bulanan dalam laporan MPA. Terkait pencapaian tersebut, Managing Director Imtech, SCM dan CEO Vidio Sutanto Hartono mengatakan, hal tersebut bisa terwujud karena perusahaan menerapkan empat pilar penting.

Pilar pertama yang diterapkan Vidio adalah menyediakan konten lokal. “Karena kita ini bisnis konten, mau tidak mau kita harus memulainya dengan konten sebagai proposisi,” kata Sutanto dalam acara Streaming Prediction 2024 di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Konten lokal juga menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan aplikasi streaming Vidio. Pasalnya, bahan-bahan lokal masih banyak diminati konsumen di Indonesia.

Laporan MPA paruh pertama tahun 2023 menemukan bahwa konten lokal masih mendominasi konsumen Indonesia. Konten lokal melampaui Korea Selatan, Amerika Serikat, Jepang, dan Tiongkok.

Strategi kedua yang diterapkan Vidio adalah menjalin kemitraan dengan berbagai pihak.

“Kemitraan ini memungkinkan kami menjadi lebih tangkas dibandingkan perusahaan global,” ujarnya.

Kemitraan ini sendiri merupakan strategi Vidio mengingat kompleksitas bisnis platform digital. Bentuk kemitraan ini juga dilakukan dengan berbagai pihak, mulai dari perusahaan telekomunikasi, OEM hingga mitra distribusi.

Strategi ketiga yang diterapkan Vidio adalah merekrut engineer lokal terbaik untuk mengembangkan berbagai fitur yang sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia.

Hal ini penting karena Vidio sendiri merupakan platform digital sehingga memerlukan penggunaan produk dan teknologi terbaik untuk menjamin layanan pelanggan.

Strategi Last Chance, Vidio juga didukung oleh Emtek yang menjadikannya unik dari penyedia platform video lainnya. Dengan dukungan yang diberikan, Vidio dapat berkoordinasi dengan ekosistem Emtek lainnya, serta bersaing dengan pemain lain.

(bendungan/timah)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D