0 0
Read Time:4 Minute, 19 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Wakil Manajer Pemberdayaan dan Penguatan Wilayah Asosiasi Transportasi Indonesia Pusat (MTI) Joko Setijowarno meminta pemerintah memperhatikan penumpang yang mudik sepeda motor pada Lebaran 2024.

Ia mengatakan, pemerintah harus lebih gencar mengkampanyekan agar pengguna sepeda motor mau mengikuti program repatriasi massal. Dengan begitu, angka kecelakaan bisa ditekan.

Pasalnya, hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BTD) Kementerian Perhubungan menunjukkan sekitar 354,2 juta penumpang masih melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi. Diperkirakan jumlah penumpang yang menggunakan sepeda motor sebanyak 31,12 juta orang.

Menurut Joko, penggunaan sepeda motor berisiko saat pulang kampung pada Lebaran 2024. Apalagi, banyak masyarakat yang membawa serta istri dan anaknya meski mudik dengan sepeda motor tahun lalu.

Pasal 106(9) Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan 22 Tahun 2009 (LLAJ) melarang siapa pun yang mengendarai sepeda motor dengan sespan membawa lebih dari satu penumpang. Jika melanggar, dapat dipenjara paling lama satu bulan atau didenda paling banyak Rp 250.000 (Pasal 292).

 

Oleh karena itu, pengendara sepeda motor dilarang membawa terlalu banyak barang dan anak-anak, kata Joko, Senin (4/1/2024).

Ia juga meminta penumpang dilarang menggunakan truk atau pick up. “Karena meski dilindungi, seperti terpal di atasnya, truk dan pick up hanya boleh membawa barang, bukan orang,” ujarnya. Hasil Asesmen Idul Fitri 2023

Menurut Joko, berdasarkan hasil evaluasi Idul Fitri 2023, tercatat 5 ribu 894 kecelakaan pada masa mudik dan 726 orang meninggal dunia. Kecelakaan terbanyak yakni 76,87 persen disebabkan oleh sepeda motor.

“Para migran ini bisa diarahkan untuk mengikuti repatriasi massal dengan menggunakan bus. Penggunaan kapal laut juga bisa menjadi pilihan, apalagi pemerintah sedang menyelenggarakan program repatriasi gratis dari pelabuhan Indonesia pada tahun ini,” ujarnya.

“Dengan adanya kapal feri pulang gratis ini akan membantu warga untuk mencapai kampung halamannya di tengah mahalnya harga tiket karena menggunakan jalur batas atas (TBA),” pungkas Joko.

Sebelumnya, pemerintah meminta penumpang yang menggunakan sepeda motor berhati-hati saat Lebaran 2024. Perlu diingat, risiko kecelakaan saat mengendarai sepeda motor di rumah cukup tinggi. 

Wakil Presiden Pemberdayaan dan Pembangunan Daerah Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Joko Setijoworno mengingatkan, pemerintah harus tetap memperhatikan pengendara sepeda motor. Namun sudah ada beberapa program yang menggantikan perjalanan pulang pergi menggunakan sepeda motor. Misalnya gratis antar ke rumah atau gratis angkutan sepeda motor.

“Pemerintah harus lebih agresif dalam mengkampanyekan pengguna sepeda motor untuk mengikuti program repatriasi massal. Hal ini akan mengurangi angka kecelakaan,” kata Joko dalam keterangan resmi yang dikeluarkan, Senin (1/4/2024).

Ia mencontohkan salah satu bahayanya menggunakan sepeda motor. Misalnya transportasi yang melebihi ketentuan seperti membawa istri dan anak lebih dari satu orang sambil berkendara.

Belum lagi banyaknya aksesoris yang memerlukan modifikasi sederhana pada bodi sepeda motor. Hal ini memberikan beban berat bagi pengendara sepeda motor dan pengemudinya.

Pasal 106(9) Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan 22 Tahun 2009 (LLAJ) melarang siapa pun yang mengendarai sepeda motor dengan sespan membawa lebih dari satu penumpang. Jika melanggar, dapat dipenjara paling lama satu bulan atau didenda paling banyak Rp 250.000 (Pasal 292).

Oleh karena itu, pengendara sepeda motor dilarang membawa barang berlebihan dan anak-anak, tegas Joko.

Selain sepeda motor, Joko juga menyoroti penggunaan mobil pick up saat mudik di hari libur. Biasanya truk sedikit dimodifikasi dengan menambahkan rangka kayu dan atap terpal. Hal ini dianggap berbahaya bagi penumpang.

“Demikian pula penumpang yang menggunakan truk atau pick up harus dilarang. Karena meski diberi pelindung seperti garpu rumput, hanya truk dan pick up yang boleh membawa barang, bukan orang,” ujarnya.

Data yang dihimpunnya, sebanyak 726 orang kehilangan nyawa dalam 5 ribu 894 kecelakaan selama Idul Fitri 2023. Kecelakaan terbanyak yakni 76,87 persen disebabkan oleh sepeda motor.

“Para migran ini bisa diarahkan untuk mengikuti repatriasi massal dengan menggunakan bus. Penggunaan kapal laut juga bisa menjadi pilihan, apalagi pemerintah sedang menyelenggarakan program repatriasi gratis dari seluruh pelabuhan Indonesia pada tahun ini,” tutupnya.

 

Menurut Kementerian Perhubungan (KmenHub), puncak lalu lintas dalam negeri terjadi pada hari kedua Idul Fitri, tepatnya 8 April 2024, dengan pangsa 13,74 persen atau 26,6 juta pergerakan.

Sedangkan H+Lebaran atau Minggu 14 April dengan share 21,16 persen atau 40,99 juta pergerakan diperkirakan mencapai puncaknya. Kepala Departemen Teknik Lalu Lintas Kementerian Perhubungan Iswand mengatakan pilihan rute mobil terbanyak adalah melalui Tol Trans Jawa dengan 31,3 persen atau 11,1 juta pergerakan.

Sementara sepeda motor menyumbang 33,2 persen atau 10,35 juta perjalanan di jalan raya, kata Iswandi dalam diskusi “Berkit Bersama Melalui Mudik Sehat” yang diselenggarakan Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) di Jakarta, Kamis, Maret. . 28, 202. Dikutip Antara, Sabtu (30/3/2024).

Iswandi mengatakan, kebijakan sepihak tersebut akan diterapkan pada tanggal 5 hingga tanggal 9. Dari km 72 hingga km 414 pada bulan April 2024. Selain itu, pada 5-11 April juga akan diberlakukan arus balik dari Km 36 hingga Km 72. Prinsip ganjil-ganjil akan berlaku pada 5-9 April. Pada bulan April. 2024 km 0 hingga 414 km. 

Untuk aliran balik, terapkan 12-16. Pada bulan April dari km 414 sampai km 72 melawan arus pada 12-16. Pada bulan April, km 72-16. hingga April dan hari ganjil pada 12 hingga 16 April 2024 dari 414 km menjadi 0. 

Perlu diketahui, pengaturan lalu lintas dan persyaratan lalu lintas didasarkan pada pertimbangan situasi Polri, kata Iswandi. 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D